Minggu, 23 Desember 2012

Tips Ganti Velg




Velg di mobil diibaratkan sebagai sepatu pada kaki manusia yang berfungsi  sebagai  alat pijak terhadap permukaan jalan karena jika ukurannya kurang tepat dapat mengganggu kenyamanan ketika berjalan. Oleh sebab itu, jika Anda memutuskan mengganti velg standar dengan model aftermarket, jangan terburu nafsu melihat model yang ditawarkan.
“Kebanyakan konsumen awam melihat velg berdasarkan motif,apa bila dia suka dia bayar. Namun, berbeda apa bila calon pembeli datang dari pecinta modifikasi mobil yang sedikit banyak mengerti soal velg, kebanyakan mereka lebih bijaksana ketika hendak memilih,” kata Santo, front office dari Permaisuri Ban, di Jl. Mahakam I, No.5, Jaksel.
Oleh sebab itu terdapat 3 aspek yang harus diperhatikan sebelum membeli velg salah satu di antaranya yaitu perhatikan aspek materialnya.
Velg aftermarket pada umumnya memiliki material yang beraneka macam lazimnya terbuat dari jenis logam ringan sebut saja billet steel, forged alloy, atau magnesium. Velg berbahan tersebut mempunyai bobot utuh yang lebih ringan dari pada kalau dibandingkan velg standar yang umumnya terbuat dari material baja (lebih berat).
Dengan menerapkan velg yang lebih ringan di mobil Anda, diyakini mampu mengurangi bobot keseluruhan mobil tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dengan keseluruhan nilai berat mobil yang berkurang tadi otomatis berpengaruh pula terhadap kerja mesin yang tidak terlalu berat ketika memutar roda. Contohnya seperti Enkei, Speedline, TRD, Mugen dan Weld Racing yang tersedia mulai dari ukuran 14 hingga 19 inci dengan harga bervariasi mulai dari Rp 5 jutaan ke atas per satu set nya.